Halo sobat kelas bahasa semua. Hari ini kita akan kembali memulai materi belajar gratis bahasa Inggris khusus persiapan ujian internasional TOEFL ITP, TOEFL iBT, IELTS, SAT, GMAT, GRE, ACT dan PTE dengan tema kali ini mengupas tuntas bagian tata bahasa membahas tentang mencari dalam bentuk soal pertanyaan pilihan berganda grammar elliptical construction. Mungkin dari teman teman beberapa sudah ada yang mengetahui detail dan lainnya, namun yang belum tahu bisa cek dari latihan soal dan pembahasan dibawah ini

BACA JUGA :

berikut beberapa pertanyaannya dibawah ini dengan penjelasan mengenai grammar Common Noun  dibawah ini :

COMMON NOUN adalah nama-nama orang, tempat, benda, atau gagasan secara umum. Common noun merupakan nama dari sekelompok nomina yang sejenis atau mirip. Karena common noun tidak menamai apa pun secara spesifik, maka penulisannya tidak dengan huruf kapital, kecuali berada di awal kalimat.

Coba perhatikan contoh-contoh dalam tabel berikut ini:

Common NounProper Noun
PeopleActressCate Blanchett
WriterJ.K. Rowling
PresidentJoko Widodo
AthleteLewis Hamilton
MayorRidwan Kamil
SingerJohn Mayer
TeacherMiss Anindita*
PlacesTowerEiffel
RiverNile
SchoolUniversity of Indonesia
CitySurabaya
BuildingEmpire State Building
StreetPanglima Sudirman Street
MountainAgung Mountain
ZooRagunan Zoo
ThingsSongShape of You
MovieThe Hobbit
BookGame of Thrones
WatchFossil
PerfumeChannel No. 5
TitleProfessor Dumbledore*
Day, Month, HolidaySunday, August, Independence Day
LanguageEnglish, French, Spanish
ReligionIslam, Judaism, Buddism
  • Perhatikan: Nama yang menyandang gelar atau status, tiap katanya ditulis dengan huruf kapital

Setiap proper noun pasti memiliki padanan common noun, namun tidak sebaliknya. Misalnya dust (debu) yang hanya merupakan common noun, tidak ada bentuk nomina yang spesifik dari dust. Namun proper noun seperti Niagara Falls memiliki padanan common noun yakni waterfall (air terjun).

Bagaimana? Mudah, ‘kan, membedakan antara common dan proper noun? Bila Anda sudah paham, mari kita coba beberapa latihan di bawah ini untuk semakin mengasah pemahaman Anda.

Bedakan mana common dan proper noun dalam kalimat-kalimat ini.

  • South Korea won the 2010 World Cup.
  • Bella is a billingual, she can speak Spanish and Mandarin fluently.
  • Father has a favorite perfume, it’s Hugo Boss for Men.
  • I swim once a week on Thursday.
  • The President of the United States is accused of sexual misconducts by several women.
  • Mother’s favorite singer is Russell Hitchcock from the band Air Supply.
  • My brother and I love to play video games.
  • The seasons in Indonesia are dry season and rainy monsoon.
  • The kid is bitten by a rabid dog.

Gunakan proper nouns yang tepat dalam tiap-tiap kalimat di bawah ini. Gunakan huruf kapital.

  • Roger federer wins the wimbledon champioship eight times.
  • My favorite fast food restaurant is burger king.
  • tokyo is one of the most expensive cities in the world.
  • Jim Parsons is one of the actors in The big bang theory.
  • I don’t understand what is so impressive about the stonehenge.
  • Players from all over the world also compete in the french open, the british open, and the australian open.
  • The prequel of Harry Potter is called The Fantastic Beasts and where you can find them.

Karena umum dan luasnya cakupan common noun, maka sangat banyak common noun yang dapat dijumpai dalam kalimat. Beberapa common noun misalnya, “student”, “friend”, “book”, “table”, dan masih banyak lagi. Supaya artiannya tidak ke mana-mana, common noun biasanya dibatasi dengan articles (“a”, “an”, “the”) atau quantifier (“many”, “plenty”, dan lain-lain).

materi belajar Grammar Bahasa Inggris

Contoh Penerapan Common Noun Dalam Kalimat

Tiga contoh kalimat yang terdapat pada poin ini semuanya mengandungi common noun, yang berarti dapat kita jadikan acuan untuk mempelajari common noun. Selain dilengkapi dengan arti, masing-masing dari ketiga contoh kalimat dalam poin ini memiliki tanda bold untuk common noun yang dimaksud, garisbawah pada articles atau quantifiers-nya, dan penjelasan mengenai pelajaran common noun pada masing-masing contoh kalimat yang ada di bawah ini:

1. A friend is sending us love letters today (Seorang teman mengirimi kami surat cinta hari ini).

Penjelasan: “Friend” (teman) dalam contoh kalimat ini adalah common noun, karena tidak menunjuk secara spesifik teman yang mana dan yang bernama siapa, hanya disebut sebagai teman saja. Supaya “friend” tidak ke mana-mana, ada article a” yang menandakan temannya hanya berjumlah satu.

2. They live somewhere in a city (Mereka tinggal di suatu kota).

Penjelasan: Ini adalah salah satu kalimat yang pasti menunjukkan keberadaan common noun, yakni ada kata “somewhere” (di suatu (tempat)) atau sejenisnya. Common noun-nya sendiri adalah “city” (kota), karena tidak jelas apa nama kotanya, ukuran besar-kecilnya kota, dan letak negara tempat kota itu berada. Karena ada article a”, maka satu-satunya yang jelas adalah kota itu hanya berjumlah satu.

3. Her mother gives her many books for her birthday gift (Ibunya memberikannya banyak buku sebagai hadiah ulang tahunnya).

Penjelasan: Common noun dapat berbentuk plural, dan salah satu contohnya adalah “books” (buku) yang terdapat dalam kalimat ini. Sementara itu, quantifier yang melekat padanya adalah “many”. Namun, karena tidak jelas berapa banyak bukunya, apa genre dan isi bukunya, dan sebagainya, maka “books” termasuk common noun.

Demikian yang dapat kita pelajari dari common noun di dalam kalimat. Bagaimana dengan percakapan? Yuklearners, lanjut saja ke poin berikutnya untuk mengenal penggunaan common noun lebih jauh.

Untuk informasi lebih lanjut baik dari segi pertanyaan pertanyaan lainnya mengenai program persiapan ujian TPA (tes potensi akademik), TBS (tes bakat skolastik) dan tes kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL ITP, iBT, IELTS, GMAT, GRE, atau SAT) untuk biaya kursus persiapan ujian bisa langsung kontak kami dibawah ini

Bukti skor dan bukti kelulusan klien klien yang telah berhasil kami bantu kursus persiapan TOEFL ITP, TOEIC, GMAT, GRE, SAT, ACT, PTE Cambridge, IELTS dan TOEFL iBT serta kelulusan di kampus top dunia mulai dari Harvard University, Stanford University, UCL, Imperial College beserta beasiswa terkemuka seperti Beasiswa Australia Award, Beasiswa Fulbright, Beasiswa LPDP, StuNed Scholarship, dan lainnya bisa dicek di akun instagram @kelas_bahasaidn dibawah ini

sumber : sederet