Halo sobat kelas bahasa semua. Hari ini kita akan kembali memulai materi belajar gratis bahasa Inggris khusus persiapan ujian internasional TOEFL ITP dengan tema kali ini mengupas tuntas reading comprehension bagian 6 membahas tentang mencari jawaban dari makna tersirat dalam text. Mungkin dari teman teman beberapa sudah ada yang mengetahui detail dan lainnya, namun yang belum tahu bisa cek dari bagan dibawah ini

BACA JUGA :

Pada section reading comprehension, kamu akan diberikan beberapa artikel. Tiap artikel diikuti pertanyaan dan pilihlah satu jawaban yang tepat mulai dari (A), (B), (C), hingga (D).

Tentukan jawaban yang terkait dengan informasi dalam artikel berdasarkan yang benar-benar tersurat (stated) atau tersirat (implied).

Text 1

The railroad was not the first institution to impose regularity on society or to draw attention to the importance of precise timekeeping. For as long as merchants have set out their wares at daybreak and communal festivities have been celebrated, people have been in rough agreement with their neighbors as to the time of day.

The value of this tradition is today more apparent than ever. Were it not for public acceptance of a single yardstick of time, social life would be unbearably chaotic: the massive daily transfers of goods, services, and information would proceed in fits and starts; the very fabric of modern society would begin to unravel.

1. What is the main idea of the passage?

Pilihan jawaban:

a. In modern society we must take more time for our neighbors.
b. The traditions of society are timeless.
c. An accepted way of measuring time is essential for the smooth functioning of society.
d. Society judges people by the times at which they conduct certain activities.

Pembahasan dan Analisis

Artikel di atas membahas tentang bagaimana kacaunya kehidupan sehari-hari jika tidak ada konsensus tentang pengukuran waktu yang disepakati bersama, seperti yang tertera dalam jawaban (C).

Baca materi belajar TOEFL ITP lainnya

2. The phrase “this tradition” in the third sentence refers to?

Pilihan jawaban:

a. The practice of starting the business day at dawn.
b. Friendly relations between neighbors.
c. The railroad’s reliance on time schedules.
d. People’s agreement on the measurement of time.

Pembahasan dan Analisis

Kata “tradition” mengacu pada 2 hal utama, yaitu sistem kerja pergudangan dan toleransi selebrasi antar-kehidupan bertetangga, yang tertera dalam kalimat “people have been in rough agreement with their neighbors as to the time of day” sehingga bisa disimpulkan kata “tradition” mengacu pada kesepakatan tentang pengukuran waktu (D).

baca juga

Untuk informasi lebih lanjut baik dari segi pertanyaan pertanyaan lainnya mengenai program persiapan ujian TPA (tes potensi akademik), TBS (tes bakat skolastik) dan tes kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL ITP, iBT, IELTS, GMAT, GRE, atau SAT) untuk biaya kursus persiapan ujian bisa langsung kontak kami dibawah ini